SMK Negeri 1 Banjar - KREATIF, INOVATIF, SIAP KERJA, DAN KOMPETITIF <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>

Apa Itu Jurusan RPL?Date: 2024-04-26 19:23:19

Apa Itu Jurusan RPL?

RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut. Di SMKN 1 Banjar murid akan belajar tentang membuat website, aplikasi, dan game. Selain itu, banyak kegiatan yang akan dilakukan oleh para guru dan murid.

Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 1 Banjar merupakan salah satu Kompetensi Keahlian terbaru yang dibuka pada tahun 2015 ini mengikuti Kompetensi Keahlian Bidang IT lainnya yang sudah ada di SMKN 1 Banjar yaitu Multimedia, Berdiri tepatnya pada tanggal 16 Juli 2015. Untuk angkatan pertama kelas RPL di SMK Negeri 1 Banjar menerima 1 (satu) rombel yang terdiri dari 40 siswa dari berbagai SMP/MTs di Kota Banjar maupun dari luar Kota Banjar (Kabupaten Ciamis, Cilacap, Pangandaran, dll).

Profile
Visi 
Mencetak lulusan Rekayasa Perangkat Lunak yang bermartabat dan mampu bersaing secara global

Misi
1.
Melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika, khususnya bidang rekayasa perangkat lunak
2. Melaksanakan pengembangan pelatihan untuk menghasilkan mutu yang berkualitas pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, industri dengan ilmu yang telah dipelajari
4. Mendidik generasi yang siap menghadapi perubahan global dengan menguasai keahlian ilmu pengetahuan dan teknologi Informatika berlandaskan keimanan dan ketaqwaan


Kompetensi Tamatan
         Tamatan kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dapat menampilkan diri sebagai manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai tanggung jawab kemasyarakatan, kebangsaan dan agama. 
Kompetensi produktif yang dimiliki tamatan program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah seperti tercantum pada profil kompetensi tamatan berikut :

 

  1. Mampu melakukan komunikasi ditempat kerja
  2. Dapat melaksanakan persyaratan keselamatan kesehatan kerja (K3) sesuai dengan peraturan dan standar yang ada
  3. Mampu merakit, memperbaiki dan merawat komputer personal.
  4. Menginstalasi Perangkat Komputer Personal dan Menginstal Sistem Operasi dan Aplikasi
  5. Mengerti tentang Konsep Algoritma Pemrograman dan Konsep Perangkat Lunak
  6. Merancang Sistem Informasi / Business Process untuk membangun suatu Software / Aplikasi
  7. Membangun Software Aplikasi Databases Berbasis Desktop, Web dan Mobile



Lingkup Pekerjaan
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak antara lain :
 

  1. Web Application Programmer
  2. Database Programmer
  3. Interfacing Programmer
  4. Mobile Application Programmer (Java and Android)
  5. Desktop Application Programmer
  6. C and C++ Programmer
  7. Game Programmer
  8. Hardware and Software Technicians
  9. IT Support and IT Staff
  10. Pekerjaan-pekerjaan lainnya yang berbasis komputer

Copyright (c) 2016 - SMK Negeri 1 Banjar

Pengembang Version v2.0-26/6/21 - IP : 3.14.83.223