Guru SMKN 1 Banjar Terapkan Pembelajaran yang Berpihak pada Murid: Mendorong Kreativitas dan Kemandirian Siswa
Dalam upaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna, guru SMKN 1 Banjar terus berinovasi dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpihak pada murid. Pendekatan ini berfokus pada kebutuhan, potensi, dan pengalaman belajar siswa, sehingga mereka dapat berkembang secara optimal baik dari segi akademik maupun keterampilan hidup.
Pembelajaran yang berpihak pada murid bukan hanya sekadar menyampaikan materi di dalam kelas. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar, menggali potensi mereka, serta membantu menghubungkan konsep-konsep pelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
Salah satu contoh penerapan metode ini adalah ketika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman pribadi yang relevan dengan materi pelajaran. Melalui kegiatan diskusi, proyek kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), siswa diajak untuk berpikir kritis dan menemukan solusi dari tantangan yang mereka hadapi.
Menurut Pa Pak Darsu, S.Kom. (Guru Produktif PPLG), pendekatan ini membuat siswa lebih antusias dalam belajar.
“Dengan memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi ide mereka sendiri, kita tidak hanya mengajarkan pelajaran, tetapi juga membentuk kepercayaan diri dan kemandirian mereka,” ujar Pak Darsu.
Guru juga mengaitkan pembelajaran dengan konteks lokal dan isu-isu yang dekat dengan kehidupan siswa. Misalnya, pada mata pelajaran Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), siswa diajak untuk membuat aplikasi yang bisa memberikan manfaat nyata bagi lingkungan sekitar. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan berdampak langsung pada siswa.
Salah satu siswa, mengatakan bahwa metode ini membuatnya lebih mudah memahami materi.
“Kami jadi lebih paham karena belajar dari contoh yang sering kita temui sehari-hari. Rasanya lebih seru dan nggak membosankan,” ujarnya.
Melalui pembelajaran yang berpihak pada murid, guru di SMKN 1 Banjar tidak hanya mengajarkan pengetahuan akademik, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan abad 21, seperti komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan berpikir kritis. Dengan cara ini, siswa dilatih untuk menjadi pembelajar yang mandiri, adaptif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Penerapan pembelajaran yang berpihak pada murid ini sejalan dengan tujuan SMKN 1 Banjar untuk menciptakan generasi yang berdaya saing tinggi, berakhlak mulia, dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Guru berkomitmen untuk terus belajar dan beradaptasi agar dapat memberikan pengalaman belajar terbaik bagi setiap siswa.
Dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran, SMKN 1 Banjar membuktikan bahwa proses belajar dapat menjadi pengalaman yang menggugah, menyenangkan, dan penuh makna.
Pengembang Version v2.0-26/6/21 - IP : 18.97.9.170