SMK Negeri 1 Banjar - KREATIF, INOVATIF, SIAP KERJA, DAN KOMPETITIF <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>

SMKN 1 Banjar menyelenggarakan sebuah kegiatan Pembekalan untuk siswa sebelum melaksanakan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) atau PKL (Praktek Kerja Lapangan) mendatangkan dari Satuan TNI 323 Raider Buaya Putih.
Pendidikan kejuruan dan praktek kerja industri adalah aspek penting dalam membekali siswa dengan keterampilan yang relevan untuk memasuki dunia kerja. Artikel ini membahas pendekatan inovatif dalam pembekalan siswa praktek kerja industri, yaitu melibatkan tentara sebagai fasilitator utama. Melibatkan tentara dalam pembekalan siswa bukan hanya untuk membantu dalam pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga untuk memasukkan nilai-nilai kedisiplinan dan kepemimpinan militer.

Pendekatan konvensional untuk praktek kerja industri mungkin tidak memasukkan elemen kedisiplinan dan kepemimpinan militer. Dalam konteks ini, melibatkan tentara sebagai bagian dari pembekalan siswa diharapkan dapat membawa dampak positif yang lebih besar dalam persiapan siswa untuk dunia kerja.

Integrasi Keterampilan Militer dan Profesional:
Artikel ini mengeksplorasi cara-cara di mana keterampilan militer, seperti kedisiplinan, ketahanan, dan kepemimpinan, dapat diintegrasikan ke dalam program praktek kerja industri. Dengan memanfaatkan pengalaman dan pelatihan militer, siswa dapat mengembangkan sikap profesional yang kuat dan tangguh.

 

ngan Keterampilan Teknis:
Tentara tidak hanya membekali siswa dengan nilai-nilai militer, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan teknis yang diperlukan di dunia kerja. Artikel ini menyoroti upaya untuk menggabungkan pembelajaran teori dengan pengalaman praktis di bawah bimbingan tentara yang memiliki keahlian khusus.

Kolaborasi antara Sekolah dan Tentara:
Artikel ini menjelaskan bagaimana kerjasama antara lembaga pendidikan dan tentara dapat membentuk lingkungan pembelajaran yang holistik. Tentara dapat memberikan pelatihan langsung, berbagi pengalaman, dan memberikan perspektif yang berharga tentang tantangan di lapangan.

Pengembangan Mental dan Emosional:
Pembekalan siswa tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pada pengembangan mental dan emosional. Artikel ini menyoroti bagaimana latihan dan tugas yang diberikan oleh tentara dapat membantu siswa mengatasi tantangan, mengelola stres, dan membangun ketangguhan mental.

Studi Kasus: Keberhasilan Program Pembekalan oleh Tentara:
Artikel ini memberikan contoh konkret dari program-program di berbagai sekolah yang telah berhasil melibatkan tentara dalam pembekalan siswa praktek kerja industri. Studi kasus ini mencakup testimoni siswa, peningkatan keterampilan, dan dampak positif lainnya yang dihasilkan dari keterlibatan tentara.

Kesimpulan:
Artikel ini menyimpulkan bahwa pembekalan siswa praktek kerja industri oleh tentara membawa manfaat signifikan dalam pengembangan keterampilan profesional, kedisiplinan, dan kepemimpinan. Kerjasama antara dunia pendidikan dan militer dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki keahlian teknis yang handal tetapi juga mentalitas tangguh yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Copyright (c) 2016 - SMK Negeri 1 Banjar

Pengembang Version v2.0-26/6/21 - IP : 44.212.99.208